F.RINGKASAN PERKEMBANGAN PUBLIC RELATION


RINGKASAN: 

Perkembangan Public Relations dapat dibagi dalam :
a. Perkembangan Teknologi PR 
b. Perkembangan Praktek Public Relations
c. Perkembangan PR dari Sudut Model Komunikasi 
d. Perkembangan PR di Indonesia 

ad. a. Perkembangan Teknologi:
 Thn 4000 SM tulisan tangan di tanah liat: tulisan di keping batu, papyrus, ornamen, symbol, relief di bangunan kuno
Thn 1456, kitab suci dicetak tangan oleh Guttenberg 
Thn 1833 media massa cetak pertama- The New York Sun 
Thn 1839 fotografi untuk surat kabar ditemukan oleh Daguerre
 Jurnal internal (1842-Lowell Offering di perusahaan pemintalan, 1855 Gazette di perusahaan mesin     jahit Singer.
Tahun 1894, film pertama diputar di bioskop 
Thn 1904, Ivy Ledbetter Lee membentuk Biro Konsultan 
Tahun 1941, siaran televisi komersial pertama 
Tahun 1946 Komputer di buat di Universitas Pennsylvania, AS
Thn 1948 Institute of Public Relations (IPR) di Inggris dan Public Society of Amerika di AS didirikan. 

b. Perkembangan Praktek Public Relations dalam bentuk lima tahap pola komunikasi Public Relations yaitu: 
PR Events (kampanye, propaganda, penyuluhan dan lainnya, mulai abad ke-17-PD I-II) 
Press Release (mulai tahun 1920) PR Agencies (Tahun 1970)
 PR Crisis (Tahun 1980) Reputation Management (Tahun 1990)

c.Perkembangan PR dari Sudut Model Komunikasi 
Model Komunikasi searah ( one way communication 
Model Komunikasi dua arah (two ways communications 

d. Perkembangan PR pada Negara-negara Ketiga 
Kegiatan PR eksternal mempopulerkan aspek-aspek tertentu 
Mengandalkan teknik-teknik media . 
PR dunia ketiga harus lebih aktif menyebarkan informasi-informasi mengenai berbagai aspek                 kehidupan mereka ke luar negari serta berusaha memberi gambaran yang benar. 

e. Perkembangan PR di Indonesia 
Radio Republik Indonesia (RRI) 
Garuda Indonesia Airways (GIA) 
PT Stanvac Indonesia 
Kepolisian RI

Pustaka:
Anggoro, Linggar, Teori & Profesi Kehumasan, Jakarta, Bumi Aksara, 2000
Grunig, James, Excellenbce in Public Relations and Communication Management, USA, Lawrence Erlbaum Associate,Inc, 1992.
Straubhaar, Media Now, Communications Media in The Information Age, USA, Wadsworth, 2000,
Uchyana, Onong, Ilmu Komunikasi, Teori & Praktek, Bandung, Rosdakarya, 2001 

Unknown

Tidak ada komentar:

Posting Komentar