Perkembangan Public Relations dapat dibagi dalam :
a. Perkembangan Teknologi PR
b. Perkembangan Praktek Public Relations
c. Perkembangan PR dari Sudut Model Komunikasi
d. Perkembangan PR di Indonesia
ad. a. Perkembangan Teknologi:
Thn 4000 SM tulisan tangan di tanah liat: tulisan di keping batu, papyrus, ornamen, symbol, relief di bangunan kuno
Thn 1456, kitab suci dicetak tangan oleh Guttenberg
Thn 1833 media massa cetak pertama- The New York Sun
Thn 1839 fotografi untuk surat kabar ditemukan oleh Daguerre
Jurnal internal (1842-Lowell Offering di perusahaan pemintalan, 1855 Gazette di perusahaan mesin jahit Singer.
Tahun 1894, film pertama diputar di bioskop
Thn 1904, Ivy Ledbetter Lee membentuk Biro Konsultan
Tahun 1941, siaran televisi komersial pertama
Tahun 1946 Komputer di buat di Universitas Pennsylvania, AS
Thn 1948 Institute of Public Relations (IPR) di Inggris dan Public Society of Amerika di AS didirikan.
b. Perkembangan Praktek Public Relations dalam bentuk lima tahap pola komunikasi Public Relations yaitu:
PR Events (kampanye, propaganda, penyuluhan dan lainnya, mulai abad ke-17-PD I-II)
Press Release (mulai tahun 1920) PR Agencies (Tahun 1970)
PR Crisis (Tahun 1980) Reputation Management (Tahun 1990)
c.Perkembangan PR dari Sudut Model Komunikasi
Model Komunikasi searah ( one way communication
Model Komunikasi dua arah (two ways communications
d. Perkembangan PR pada Negara-negara Ketiga
Kegiatan PR eksternal mempopulerkan aspek-aspek tertentu
Mengandalkan teknik-teknik media .
PR dunia ketiga harus lebih aktif menyebarkan informasi-informasi mengenai berbagai aspek kehidupan mereka ke luar negari serta berusaha memberi gambaran yang benar.
e. Perkembangan PR di Indonesia
Radio Republik Indonesia (RRI)
Garuda Indonesia Airways (GIA)
PT Stanvac Indonesia
Kepolisian RI
Pustaka:
Anggoro, Linggar, Teori & Profesi Kehumasan, Jakarta, Bumi Aksara, 2000
Grunig, James, Excellenbce in Public Relations and Communication Management, USA, Lawrence Erlbaum Associate,Inc, 1992.
Straubhaar, Media Now, Communications Media in The Information Age, USA, Wadsworth, 2000,
Uchyana, Onong, Ilmu Komunikasi, Teori & Praktek, Bandung, Rosdakarya, 2001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar