D. Perkembangan PR Di Dunia Ketiga

D. Perkembangan PR Di Dunia Ketiga 




• Negara –negara berkembang memiliki dua tugas komunikasi yang bersifat khusus. Bertanggung jawab untuk memberikan informasi kepada masyarakat kepada masyarakat mengenai segala macam kebijakan dan program yang telah, tengah, dan akan dilancarkan oleh pemerintah.
Menyediakan berbagai macam sarana infrastruktur atu jasa-jasa pelayanan social contohnya program wajib belajar pendidikan tingkat dasar.

 • Menyediakan informasi mengenai berbagai macam produk baru. 
Perkembangan beberapa jenis media PR di dunia ketiga yakni media pers (cetak) yaitu meningkatnya populeritas pers atau surat kabar menunjukan membaiknya kondisi dan kemakmuran penduduk. Mengenai televisi di sejumlah negara berkambang televisi masih menjadi media ekslusif bagi kaum elite karna keterbatasan stasiun pemancar mengharuskan pemiliknya untuk membeli alat penerima khusus yang berharga dan cukup mahal. Mengenai jurnal-jurnal internal dilakukan dengan majalah dinding yang terpenuhi dengan gambar dan tulisan. Penyelenggaraan pameran ekshibisi sama halnya dengan bioskop yang bersifat statis atau bersifat dinamis (keliling). 

- Metode PR Untuk Dunia Ketiga 
1. membuat rencana-rencana bagi masa-masa yang akan datang; 
2. memiliki kumpulan-kumpulan data;
3. membuat perencanaan pembangunan;
4. mengadakan penelitian social; 
5. membuat metode perhitungan dalam sensus-sensus;
6. sensus harus dilaksanakan sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya.

- Berbagai macam masalah komunikasi dalam negara-negara berkembang: 
1. pengalaman sejarah mereka yang sama sekali berbeda dari yang dialami oleh negara-negar barat       yang sudah maju; 
2. tradisi dan pola kehidupan di masing-masing negara berkembang khas sesuai kondisi-kondisi              wilayah dan sejarahnya.

- Kebutuhan PR di dunia ketiga :

 • Kegiatan PR eksternal mempopulerkan aspek-aspek tertentu seperti maskapai penerbangan internasionalnya, perusahaan pelayaran, kepariwisataan, keindahan budayanya atau keunggulan produk export yang bervariasi mulai dari kopi hingga tembaga atau menyelesiakan suatu masalah secara politik masih dipersoalkan oleh masyarakat internasional. 

• Negara-negara berkembang harus mengandalkan teknik-teknik media yang serba sederhana dalam melancarkan usaha-usaha PRnya bersaing dengan negar-negara lain dalam kancah komunikasi internasional. 

• PR dunia ketiga harus lebih aktif menyebarkan informasi-informasi mengenai berbagai aspek kehidupan mereka ke luar negari serta berusaha memberi gambaran yang benar.

Unknown

Tidak ada komentar:

Posting Komentar