7 Tips menjadi Public speaker yang handal

7 Tips menjadi Public speaker yang handal



Penting bagi kita untuk mempunyai kemampuan untuk berbicara di depan umum atau yang biasa disebut sebagai public speaking. Dengan modal percaya tinggi kita bisa sukses sebagai public speaker yang handal, tetapi bukan berarti orang yang pemalu tidak bisa menjadi public speaker, kemampuan berbicara di depan umum bisa diasah.

1.Di depan cermin
Semua awal dari metode pembelajaran adalah berlatih, berlatih untuk menjadi public speaker yang baik adalah berlatihlah berbicara di depan dengan nada dan intonasi gaya anda sendiri Bagi yang belum mampu berbicara dengan baik, anda bisa berlatih melihat anda di cermin,berlatihlah di depan cermin milik anda sendiri jangan di spion mobil orang kalian akan di kira maling spion. 


2. Presentasi
kalo cara pertama adalah dengan berbicara di depan cermin maka manfaatkanlah Presentasi sebagai prakteknya, misalkan melakukan presentasi seperti di sekolah, kuliah, dan di kantor, dengan memberikan presentasi atau menjawab pertanyaan, itu sudah melatih anda berbicara di depan umum. Saat presentasi berlangsung, kemampuan bicara menjadi perhatian utama. Karena, dalam presentasi, kesiapan materi hanya memegang 20% faktor kesuksesan, yang 80% adalah kemampuan public speaking. 

 3. Berbicara Sendiri
anda bisa berbicara sendiri saat berjalan, duduk, membaca, secara tidak langsung itu semua bisa membantu kemampuan berbicara anda, dan mengatur intonasi suara anda. Anda sendiri bisa membedakan mana suara yang lebih enak di di dengar saat orang lain sedang berbicara. 
(note: jangan berlebihan saat berbicara  sendiri jika tidak ingin di sebut orang gila)

 4.Memahami Materi 
Sebelum menjadi seorang Public Speaking, Anda harus mempelajari terlebih dahulu seluk-beluk hal yang harus anda bahas nantinya. Dan jangan berbicara menurut pemikiran dari sisi anda. Sebaiknya berfikir jugalah dari sudut pandang para pendengar. Hal tersebut akan membuat Anda semakin berbaur kepada para pendengar. 

5.Merubah Persepsi
Merubah persepsi anda , berbicara di depan umum bukan sesuatu yang menakutkan, jangan berpikiran apabila anda melakukan kesalahan  saat public speaking dunia akan berhenti, tentu tidak, dunia akan tetap berjalan sebagaimana mestinya, jadikanlah sebuah kesalahan sebagaimana koreksi hal yang tidak harus terulang di kesempatan berikutnya, jangan jadikan kesalahan sebagai ketakutan atau akhir dari hidup anda,
Detik-detik sebelum acara di mulai, anda terserang rasa grogi takut?  Sampai sampai ingin mati rasanya? Terlebih lagi jantung anda tak henti-hentinya berdebar dengan kencang. Ikuti solusi singkat ini! Ambilah nafas dalam-dalam dan hembuskan perlahan-lahan. Lakukanlah beberapa kali, lalu pandang audients, dan jadikanlah ini presentasi terbaik anda sepanjang hidup anda. 

6.Penampilan
Berpenampilan lah dengan sebaik mungkin, namun jangan berlebihan. Bukan hanya dari pakaian yang sedang anda kenakan, tapi juga dilihat dari cara berjalan anda, gerak gerik, hingga cara anda bertutur kata. jadikan kesempatan yang ada untuk menunjukan penampilan terbaik anda.

7.Update Pengetahuan
Update terus pengetahuan anda, bukan hanya bidang yang anda kuasai saja, tapi sebaiknya seluruh bidang. Dengan begitu wawasan anda pun semakin luas. Dan biasa menjadi bahan pembicaraan bagus untuk di kaitkan dalam bahan bicara anda. dengan wawasan yang luas akan meningkatkan kepercayaan diri anda, karena anda akan selalu siap dengan setiap pertanyaan yang muncul, dan bisa menjadi bahan ketika anda lupa materi yang anda akan sampaikan dengan membahas topik lain sambil anda mengingat yang akan anda bahas,(Note: Topik yang tidak jauh berbeda)

Selamat Mencoba .. :)
Beri komentar dan share ya,,

by :Arie nata Wijaya
Baca juga Artikel lainnya di sini :  http://anwmagz.blogspot.co.id


Unknown

Tidak ada komentar:

Posting Komentar