9.Komposisi: Aturan sepertiga / rule of thirds

rule of thirds atau aturan 1/3 bagian dalam dunia fotografi adalah semacam konsep dasar bagaimana memposisikan suatu obyek pada 1/3 bagian dalam foto agar lebih enak dilihat. Memang tidak selamanya semua foto wajib mengikuti konsep ini, hanya saja jika kita mengikuti konsep tersebut, foto akan tampak lebih indah dan dinamis. Jika kita lengkapi dengan kreatifitas yang baik maka akan dapat menghasilkan suatu karya foto yang luar biasa.

Apa itu Rule of Thirds?

Konsep rule of thirds, bidang foto dibagi menjadi tiga bagian sama besar baik secara vertikal maupun horisontal sehingga kita akan memiliki 9 area yang sama besar. Garis pembagi vertikan dan horisontal akan menghasilkan 4 titik pertemuan. Konsep tersebut berlaku untuk foto vertikal maupun foto horisontal, coba kita perhatikan gambar berikut ini.
Empat titik pertemuan garis vertikal dan horisontal yang ditandai dengan bulatan merah diatas bisa kita sebut sebagai empat titik utama. Konsep rule of thirds mengarahkan kita untuk menempatkan inti subyek foto / point of interest pada salah satu titik tersebut supaya didapatkan komposisi foto yang enak dipandang, dinamis, serta lebih seimbang. Penempatan subyek foto tidak harus tepat pada keempat titik tersebut, tidak juga harus terisi semua keempat titik tersebut, garis tersebut merupakan pendekatan / guideline untuk memperoleh komposisi berdasarkan konsep rule of thirds.
Selain itu, kita juga jangan mengabaikan foreground dan background. Kedua bagian tersebut juga tidak lepas dari konsep rule of thirds. Subyek foto, background, dan foreground yang memenuhi konsep rule of thirds akan menghasilkan suatu karya foto yang indah dan luar biasa.

Foto dengan subyek tepat pada rule of thirds guideline.

Perlu diingat bahwa rule of thirds adalah bukan konsep yang kaku atau suatu keharusan. Kita tetap harus mengembangkan kreatifitas kita dalam membentuk suatu komposisi foto. Rule of thirds adalah suatu pendekatan /guideline untuk mendapatkan komposisi yang indah, enak dilihat, dan dinamis.

Manfaatkan Fungsi Cropping

Bagi Anda yang sudah terlanjur membuat foto tetapi ternyata tidak sesuai atau melenceng dari konsep rule of thirds, gunakan fitur cropping pada software olah digital Anda. Anda jangan ragu untuk menggunakan fitur tersebut. Tentukan batasan-batasan cropping yang akan Anda buat, perhatikan preview hasilnya dan crop-lah foto Anda. Bandingkan foto awal Anda dengan foto yang sudah di-crop yang sudah menerapkan konsep rule of thirds.


Unknown

Tidak ada komentar:

Posting Komentar